Minggu, 14 April 2013

Mengenal Kopi toraja





Kopi toraja atau Celebes Calossi , dari namanya saja pembaca sekalian sudah tahu bahwa jenis kopi ini asli berasal dari kabupaten Toraja provinsi Sulawesi selatan , Indonesia.
Banyak penikmat Kopi dari seluruh penjuru negeri berbondong-bondong datang atau membeli kopi ini langsung ke Toraja . banyak yang mengatakan bahwa kopi toraja memiliki cita rasa tersendiri dibandingkan dengan jenis kopi yang lain.
Apa sebenarnya keunggulan jenis kopi ini??
kopi arabika dari Toraja ini sudah dikategorikan sebagai speciality coffee sehingga menjadi buruan pencinta kopi di mancanegara. 
kopi asal Toraja berbeda dengan kopi Indonesia pada umumnya, yang dijuluki earthy atau seperti ada rasa tanah, karena proses pengolahannya tidak terlalu bersih.
Keunggulan kopi arabika Toraja  adalah juga pada model pengolahan yang distandardisasi khusus agar menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi. Kopi asal Toraja diproses dengan standar sangat ketat melalui seperangkat tes yang dilakukan pekerja berpengalaman. Pengawasan terhadap standar kopi dimulai dari pemetikan hingga tahap pengepakan dan pengiriman.

Sejarah

Awalnya pemerintah kolonial Belanda mengetahui keberadaan 'harta karun' ini. Mereka sempat membuka perkebunan kopi seluas 300 hektar dan menamainya Kalossi Celebes Coffee, namun tidak berjalan mulus. Kemudian masuklah Jepang ke Indonesia. Dengan masuknya Jepang di Indonesia, biji kopi ini sempat diperkenalkan ke 'Negeri Matahari Terbit' tersebut.
 Saya sendiri sebagai warga indonesia bangga dengan cita rasa dan khas akan kopi ini karena saya secara langsung pernah menikmati aroma dari kopi ini.
Kopi ini biasanya disajikan dalam upacara keagamaan Suku Toraja , Seperti Rambu Tuka' dan Rambu Solo' sebagai pelengkap hidangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar